Skip to main content

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "MEMBUAT BISNIS BELANJA ONLINE"

Karya Ilmiah Peluang Bisnis
“MEMBUAT BISNIS BELANJA ONLINE”





NAMA : MUHAMMAD AMIEN RAUF
NIM : 15.01.3580
KELAS : 15 D3TI 02

I. Abstrak
Belanja daring di Indonesia semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Belanja daring, tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-bankin pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, Internet, pembelian pulsa, pembayaran uang kuliah dan lain sebagainya.
Belanja daring di Indonesia untuk pembelian suatu barang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan hingga ke alat elektronik pun mulai dirambah oleh layanan belanja daring.
Salah satu media yang menampilkan belanja daring antar lain adalah blog. Blog merupakan layanan web gratis dimana palaku usaha daring menggunakan blog sebagai toko online yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah di kustomisasi oleh penggunanya, maka belanja daring melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual tepercaya.

II. Isi

1. Pengertian Belanja Online (Belanja Daring)
Belanja online (belanja daring) adalah suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. Nama lain kegiatan tersebut adalah: e-web-shop, e-shop, e-toko, toko internet, web-shop, web-store, toko online, toko online dan toko virtual.

2.    belanja online belanja daring
Sebuah toko online membangkitkan pembelian produk atau jasa pada pengecer atau pusat perbelanjaan yang ini disebut dengan istilah belanja online business-to-consumer (B2C). Dalam proses lain di mana bisnis membeli dari bisnis lain, disebut belanja online business-to-business (B2B).
Saat ini belanja online sudah semakin canggih dengan adanya perdagangan via ponsel (m-commerce ). Telepon seluler telah dioptimalkan dengan sebuah aplikasi untuk membeli dari situs online.
Kesuksesan sebuah Ritel tidak lagi semua tentang fisik bangunan, ini terbukti dengan peningkatan pengecer yang menawarkan antarmuka toko online bagi konsumen. Dengan pertumbuhan belanja online, banyak peluang pasar baru untuk toko memenuhi permintaan pasar luar negeri dengan persyaratan layanan tertentu. Contoh perusahaan ritel online terbesar  adalah Alibaba, Amazon.com, eBay, GrantonWorld, dll.

3.    Perkembangan Belanja Online (belanja daring)
Server World Wide Web (WWW) dan Browser, yang dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dibuka untuk penggunaan komersial pada tahun 1991.  Iinovasi teknologi berikutnya muncul pada tahun 1994 dengan munculnya Netscape’s SSL standar enkripsi v2 untuk keamanan transfer data dibuat, maka online banking diterapkan. Dan Intershop pertama kali memakai sistem belanja online. Tidak ketinggalan Pizza Hut membuka toko pizza online.  Setelah itu  Amazon.com dan eBay meluncurkan situs belanja online di tahun 1995 .

4.    Pelanggan Belanja Online
Pelanggan belanja online harus memiliki akses ke Internet untuk menemukan produk yang menarik dengan mengunjungi situs ritel online secara langsung atau dengan mencari alternatif dengan menggunakan mesin pencari belanja. Seperti Belanja Online Cari Voucher Diskon, deal dan Kupon di GrantonWorld
Setelah produk tertentu telah ditemukan di situs penjual, sebagian besar pengecer online menggunakan aplikasi keranjang belanja untuk memungkinkan konsumen untuk mengakumulasi beberapa item untuk menyesuaikan jumlah, seperti halnya mengisi fisik keranjang belanja atau keranjang di toko konvensional sebelum dibawa ke kasir.
Setelah itu sebuah proses “checkout” di mana pembayaran dan informasi pengiriman dikumpulkan. Beberapa toko online memungkinkan konsumen untuk mendaftar account online permanen sehingga semua informasi ini hanya perlu dimasukkan sekali. Konsumen sering menerima e-mail konfirmasi setelah transaksi selesai.
Pembeli online umumnya menggunakan kartu kredit atau PayPal untuk melakukan pembayaran. Namun, beberapa sistem memungkinkan pengguna untuk membuat account dan membayar dengan cara alternatif, seperti:
Penagihan ke ponsel dan sambungan telepon rumah
·         Cash on delivery (COD)
·         Kartu Debit
·         Debit langsung di beberapa negara
·         Uang elektronik dari berbagai jenis
·         Wesel pos
·         Wire transfer / pengiriman pembayaran
·         Bitcoin atau lainnya
Setelah pembayaran telah diterima, barang atau jasa dapat disampaikan dengan cara berikut:
Men-download / distribusi Digital : Metode yang sering digunakan untuk produk media digital seperti software, musik, film, atau gambar.
Mencetak (print out), pemberian kode atau e-mail untuk barang-barang tertentu seperti tiket, kupon atau kode. Biasanya dapat dilunasi pada kantor atau agen fisik untuk memverifikasi kelayakan mereka. Pembelian tiket secara online, popularitas layanan ini telah meningkat.
Drop pengiriman : Pesanan akan diteruskan ke pihak ketiga (jasa pengiriman) yang kemudian dikirim langsung ke konsumen, untuk menghemat waktu dan biaya.
Pengiriman langsung: Produk ini dikirim langsung oleh toko online ke alamat pelanggan yang telah ditentukan.
Pengambilan ditetapkan. Pelanggan bisa memilih toko yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal untuk mengambil produk yang dipesan di toko online. Konsep ini seperti di Alfaonline.com Toko belanja online murah.

5.    Keuntungan Belanja Online
Pembeli tidak perlu datang langsung ke toko, mall, dan lain sebagainya. Cukup dengan mengakses website lewat internet untuk memilih barang yang dikehendaki. Kapan dan di mana saja dapat memilih barang. Dari rumah, kantor, perjalanan, dll selama terdapat koneksi internet dalam waktu 24 jam. Pemilik Toko online dapat menekan biaya untuk fisik toko karena cukup memasarkan produknya melalui Internet. Pemasaran produk bisa menjangkau seluruh dunia.

6.    Kerugian Belanja Online
Kualitas barang terkadang tidak sesuai dengan keinginan. Apa yang ditampilkan di website bisa berbeda dengan yang terima. Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim Resiko barang rusak setelah diterima akibat pengiriman pihak ketiga. Meski bisa diganti memerlukan waktu lagi.
Rentan aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privasi masing-masing pembeli dan penjual


III. REFERENSI 

  1. http://probisnis.net/pengertian-toko-online/
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Belanja_daring
  3. http://www.kompasiana.com/fikar/inilah-keunggulan-dan-kelemahan-belanja-online_55181495a33311a107b66218

Comments

Popular posts from this blog

THE PRINCIPAL’S BIOGRAPHY PROF. DR. M SUYANTO M,M

        M. Suyanto (Mohammad Suyanto) is a Professor of Strategic Management, Marketing and E-Business. Besides, he is also the College Head of   Information Systems and Computer Science AMIKOM Yogyakarta, the Director of Primagama Group, the Director of Computer and Management Center IMKI, the President Commissioner of RBTV, the President Commissioner of RBTV, the President Commissioner of MQ Jogja Radio, the President Commissioner of Mataram Surya Visi Inc., the President Commissioner of Time Excellindo Inc., the President Commissioner of Global Information Solution Inc., the President Commissioner of AMIKOM Training Center, the Chairman of the College of Economics IEU Yogyakarta, the Chairman of the College of Health Science Surya Global, the Chairman of the College of Information Systems and Computer Science AMIKOM Surakarta, the Chairman of the College of Information Systems and Computer Science AMIKOM Purwokerto, the Vice Chairman of NU University, the Vice Chairman of the

The History of STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

               STMIK Amikom Yogyakarta is located in the center of Yogyakarta city and in the distance of four kilometers from “Adisucipto” international airport, which lies in the eastern part of Yogyakarta, Indonesia. STMIK AMIKOM students are not only from many different places in Indonesia but from abroad as well.          STMIK AMIKOM Yogyakarta one of private IT college in Yogyakarta-Indonesia. This college was established since December 29, 1992. The College of Information Management and Computer Science AMIKOM Yogyakarta (hereinafter referred to as STMIK AMIKOM Yogyakarta) is a private university based in Yogyakarta under the auspices of the Foundation AMIKOM Yogyakarta. STMIK AMIKOM Yogyakarta grown from a college diploma program “AMIKOM Yogyakarta” became the undergraduate and post graduated. In the first year, number of students who received about 32 persons at the Department of Information Management. A year later AMIKOM get listed status by the Minister of Educat